PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 1 JEMBATAN GANTUNG

ROHANA, ROHANA (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 1 JEMBATAN GANTUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran problem posing Terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SDN 1 Jembatan Gantung. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa SDN 1 Jembatan Gantung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, dokumentasi, angket dan menggunakan tes berupa pilihan ganda ( pre-test dan post-test ). Data ini dianalisis dengan bantuan SPSS versi 26.. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan Uji Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian pemahaman konsep menunjukan nilai t_(test )7,809 > 〖 t〗_tabel 2,131 pada signifikansikan 5% dengan df = 28, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan untuk minat belajar t_test 2,928 > 〖 t〗_tabel 2,131 pada signifikansikan 5% dengan df = 28, maka Ha diterima dan Ho ditolak. menunjukkan nilai Hipotesis penelitian diterima pada pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran problem posing terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SDN 1 Jembatan Gantung. Kata kunci: Problem Posing, minat belajar, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDILLAH, ABDILLAHNIDN0824048301
ReviewerYUNI, MARIYATINIDN0806068802
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, minat belajar, pemahaman konsep.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 18 Sep 2020 01:53
Last Modified: 18 Sep 2020 01:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item