PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III DI SD AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

Yuyun, Apriliani (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III DI SD AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER- BAB III.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (225kB)

Abstract

Yuyun Apriliani 2019. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Di SD Aisyiyah 1 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Prodi PGMI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembimbing 1 Aqodiah, M.Pd.I dan pembimbing II Muhammad Musfiatul Wardi, M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III Di SD Aisyiyah 1 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah ekperimen dengan desain pre test – post test control group desain. Data yang diambil adalah data hasil pre test dan post test. Hasil tes awal digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam sebelum diberikan perlakuan. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal tidak memiliki perbedaan (homogen) pada kemampuan awalnya sebelum diberikan perlakuan. Hal ini disebabkan karena sebelum tes awal diberikan, siswa belum mendapatkan pembelajaran mengenai materi Pendidikan Agama Islam, sehingga siswa belum memiliki pengetahuan mengenai materi tersebut. Siswa hanya mengandalkan pengetahuannya tentang materi Pendidikan Agama Islam sebelumnya atau dari pengalamannya sehari-hari. Data perbandingan thitung dan ttabel pada tabel Uji Hipotesis, sesuai kriteria pengujian hipotesis, diperoleh Fhitung > Ftabel, pada taraf signifikan 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis jika t_hitung>t_tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat “pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas III SD Aisyiyah 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019”. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, AqodiahUNSPECIFIED
ReviewerM. Musfiatul, WardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi Ummat
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 02 Dec 2019 01:38
Last Modified: 02 Dec 2019 01:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item