NILA, FITRIAH (2020) PENGGUNAAN CAMPURKODE DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR OLEH GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KURANJITINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
SKRIPSI NILA cover-bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI NILA bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI NILAbab 5-lampiran.pdf Download (201kB) |
Abstract
Nila Fitriah, 2020. Penggunaan Campur Kode Dalam Interaksi Belajar Mengajar Oleh Guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji Tinjauan Sosiolinguistik, Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembimbing I : Drs. Akhmad H. Mus, M.Hum Pembimbing II : Roby Mandalika W, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Penggunaan Campur Kode dalam Interaksi Belajar Mengajar oleh Guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji Tinjauan Sosiolinguistik”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 kuranji?, (2)Faktor apa sajakah penyebab terjadinya campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji?. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji, menjelaskan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menggunakan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa atau gambaran untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain.Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa bentuk data campur kode dalam interaksi belajar mengajar oleh guru Sekolah Dasar Negeri 2 Kuranji yaitu bentuk kata, bentuk frasa, bentuk perulangan, dan bentuk klausa. Bentuk kata seperti kata beriuk, badaq, tao, gaweq, kembang, lime, aneh, dan lain-lain, bentuk frasa yang sering digunakan yaitu jelo kane, saq cocok, epe tulis, aneh beketuan, tekumpulan malik dan lain-lain, bentuk perulangan seperti kata beriuk-beriuk, sedangkan bentuk klausa seperti kata dendeq pade saling besual, pade sugulan buku bareng dan lain-lain. Faktor penyebab campur kode yang ditemukan penulis pada penelitian ini yaitufaktor keinginan untuk menjelaskan atau menafsirkan. Kata kunci: Campur kode, Interaksi belajar mengajar
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Campur kode, Interaksi belajar mengajar | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2020 02:07 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2020 02:07 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1251 |
Actions (login required)
View Item |