PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Julkifli, Julkifli (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Salah satu upaya perbaikan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan akan baik apabila proses penyampaiannya dapat dipahami dan dimengerti siswa dengan tidak hanya menguasai materi pengetahuan saja akan tetapi mampu menggunakan pengetahuannya dalam kehidupan nyata yang memiliki keterkaitan dengan ilmu yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi serta aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 21 Mataram, dan bagaimaan cara menerapkan model Kumon dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 21 Mataram. Berdasarkan tujuan tersebut, model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kumon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah kelas VIIC SMP Negeri 21 Mataram dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif yang berupa perhitungan nilai rata-rata, jumlah, maupun persentase dari prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa; data aktivitas siswa pada siklus I untuk rata-rata pada 9 item adalah 66,6% dan sebesar 25,7% melakukan aktivitas lain, dan berada pada kategori cukup aktif kemudian pada siklus II mengalami peningkatan untuk rata-rata pada 9 item sebesar 91,07% dan sebesar 0,90% melakukan aktivitas lain dan berada pada kategoti sangat aktif. Pada data tes hasil belajar, apabila tes hasil siklus II sudah mencapai batas ketuntasan, dalam artian 85% siswa yang sudah mencapai nilai 60 ke atas maka dianggap tuntas, baik tuntas secara individu maupun tuntas secara klasikal. Kata Kunci : Prestasi belajar, Model Kumon, Pembelajaran PKn

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi Ummat
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 601 Filsafat dan Teori tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:59
Last Modified: 18 Nov 2019 03:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item