ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus; Simpang Empat Gunung Sari Lombok Barat)

MEDIA, AGUSTINI (2020) ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (Studi Kasus; Simpang Empat Gunung Sari Lombok Barat). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB 3 MEDIA AGUSTINI PDF.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV MEDIA AGUSTINI PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN MEDIA AGUSTINI PDF.pdf

Download (6MB)

Abstract

Simpang Empat Gunung Sari merupakan simpang tak bersinyal. Tingginya volume kendaraan serta kurangnya kesadaran masyarakat akan sistem prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut. Sehubungan hal itu maka perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tak bersinyal Gunung Sari Lombok Barat untuk mengetahui kinerja dari simpang tersebut, sehingga nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas dipersimpangan Gunung Sari akan merasa tetap aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Volume lalulintas pada simpang Empat Gunung Sari, Lombok Barat (2) Apakah perlu di aktifkan kembali TrafficLight di simpang empat Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meluputi: Kondisi Geometrik, Kondisi lalu lintas, dan Kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survei, alat tulis, jam dan rollmeter. Analisa yang dilakukan dalam penelitian ini adalah , menghitung volume kendaraan, menghitung kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), tundaan lalu lintas simpang (DTI), tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA), tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI), tundaan geometric simpang (DG), tundaan simpang (D), peluang antrian (QP%), dan rasio belok dan rasio arus jalan simpang. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang Empat Gunung Sari didapat lebar rata-rata pendekat (WI) 3,33 meter, jumlah volume arus lalu lintas (Qtot) 3311,8 smp/jam, Kapasitas sebenarnya (C) 1810,530 smp/jam, Nilai Derajat Kejenuhan (DS) 1,829, Tundaan lalu lintas simpang (DT1) 28,274 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 3,290 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 56,109 det/smp, Tundaan geometrik simpang (DG) 4 det/smp, Tundaan simpang (D) 32,274 det/smp dan peluang antrian (QP) 149,79275%%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memiliki tingkat pelayanan dibawah rata-rata yang kurang stabil sehingga tidak memenuhi persyaratan dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Kata kunci : Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Persimpangan Gunung Sari.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISFANARI, ISFANARINIDN0830086701
ReviewerTITIK, WAHYUNINGSIHNIDN0819097401
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Persimpangan Gunung Sari.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 12 Sep 2020 02:15
Last Modified: 12 Sep 2020 02:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item