YUYUN KRISMONTIKA, YUYUN KRISMONTIKA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIFKELAS IV PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SDN 38 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
SKRIPSI YUYUN COVER - BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI YUYUN BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI YUYUN BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanakah A pengaruhhasilbelajaraspekkognitif yang signifikandenganmenggunakanmetodemind mapping diKelas IV PadaTemaIndahnyaKeragaman di Negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020. Pengertianmetodemind mappingataupetapikiranadalahteknikmeringkasbahan yang perludipelajari, danmemproyeksikanmasalah yang dihadapikedalambentukpetaatauteknikgrafiksehinggalebihmudahmemahaminyaMenurutSugiarto (2004:75), mind mappingmemungkinkanpesertadidikuntukmembuatcatatantidakhanyadengantulisan, melainkandapatmenggunakangambar, warna, simbol, garis yang dapatmeningkatkankreativitasdengantujuanpenelitian ini adalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajaraspekkognitif yang signifikandenganmenggunakanmetodemind mapping di Kelas IV PadaTemaIndahnyaKeragaman di Negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganpendekataneksperimendenganmenggunakandesainnon equivalent control group design.Subjekdalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelas IV SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020.Sampelpenelitiandiambilsecarateknik sampling jenuh.Instrumenpenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpilihangandasebanyak 20 soal. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikandenganmenggunakanmetodemind mappingterhadaphasilbelajaraspekkognitifkelas IVpadaTemaIndahnyakeragaman di negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020,yang dibuktikandenganhasiluji t (paired sample t-test),dimanathitunglebihbesardarittabelyaitu 7,447 > 2,145 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolakdan Ha diterima.Artinyaperbedaanhasilbelajaraspekkognitif yang signifikandenganmenggunakanmetodemind mapping di Kelas IV PadaMateriIndahnyaKeragaman di Negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020.Data inididukungdenganperbandingannilairata-rata hasilpost-testkelaseksperimenlebihbesardarikelascontrolyaitu82,33>69,33. Kata kunci: Metode mind mapping, hasilbelajaraspekkognitifpesertadidik
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Metode mind mapping, hasilbelajaraspekkognitifpesertadidik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) | |||||||||
Depositing User: | Bahaudin Bahaudin | |||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2020 03:47 | |||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2020 03:47 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1185 |
Actions (login required)
View Item |