IMPLEMENTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA SISWA KELAS III SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

SUHARDI, RAHMAN (2020) IMPLEMENTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA SISWA KELAS III SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
cover-bab 3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan dan pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang menjadi prioritas perhatian Muhammadiyah sejak berdiri hingga sekarang. Usia lahir sampai masa kanak-kanak merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan seorang anak manusia,masa peletakan pondasi dasar kecerdasan manusia,masa pengembangan dan pembentukan kemampuan kognitif, bahasa,motorik,seni,emosional, moral dan nilai-nilai agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram, materi, strategi dan model pembelajarannya. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi, strategi dan model pembelajaran di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram dalam rangka menambah wawasan tentang proses pembelajaran sehingga menjadi bahan pertimbangan dan masukan dalam Upaya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram masing-masing sebagai Sekolah Dasar yang pertama didirikan oleh pengurus ‘Aisyiyah di daerah tersebut. Adapun jenis pendekatan yang digunakan adalah bersifat kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diamati. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa ‘Implementasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan Pada Siswa Kelas III SD ‘Aisyiyah 1 Mataram masih renda sebelum menerapkan belajar Penedidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan, tetapi setelah diterapkan terjadi peningkatan Akhlak merupakan budi pekerti, tabi’at, kelakuan, watak. Dimana akhlak siswa terhadap guru dan sesama teman sangat baik karana siswa SD ‘Aisyiyah 1 Mataram cara belajar pendidikan agama Islam di berikan materi langsung disuruh praktikan apa yang ada di dalam materi tersebut. Dalam pemebelajaran Kemuhammadiyahan anak bisa mengetahui apa arti dari Muhammadiyah dan di dirikan sama siapa, oleh karna itu siswa bisa tau semunya dari segi berdirinya sampe dengan pengembangan dan penyebaran Muhammadiyah, dan juga dalam mengajar siswa semunya aktif bertanya dan aktif berani berbicara jadi siswa semuanya paham dalam materi saya sampaikan. Anak-anak mengenal dengan tokoh-tokoh pendiri Muhammadiyah dan tokoh-tokoh ‘Aisyiyah yang ada di kota Mataram. Keywords: Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAQODIAH, M.Pd.I, AQODIAH0815027401
ReviewerMARDIYAH HAYATI, M.Pd.I, MARDIYAH0802096701
Uncontrolled Keywords: Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Kemuhammadiyahan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:24
Last Modified: 11 Sep 2020 02:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item