PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA TEMA 7 SUB TEMA 1 SISWA KELAS 1 SDN 38 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LISA, INDRIANTI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAPADA TEMA 7 SUB TEMA 1 SISWA KELAS 1 SDN 38 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover - bab 3.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 dan lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu memahamkan siswa dalam pembelajaran, khususnya pada siswa kelas I SD. Penelitian ini bertunjuan (1) untuk mengetahui desain media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 38 Mataram pada Tema 7 Sub tema 1 materi benda hidup dan benda tak hidup disekitar kita (2) Untuk mengetahui kevalidan media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 38 Mataram pada Tema 7 sub tema 1 materi benda hidup dan benda tak hidup disekitar kita. (3) Untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa pada materi benda hidup dan benda tak hidup sebelum menggunakan media puzzle dan setelah menggunakan media puzzle. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model ADDIE (anlisis, desain, development, implementation, & evaluation). Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk media pembelajaran yang telah dinyatakan valid oleh ahli desain media, ahli materi dan praktisi pembelajaran. Hasil test pada uji coba terbatas mendapatkan rata-rata nilai pre-test 65,83 dan rata-rata nilai post test sebesar 87,58. Hasil tes pada uji lapangan mendapatkan rata-rata nilai pre-tes sebesar 64,58 dan post-test sebesar 87,58. Hasil selisih pre-test dan post-test berdasarkan perhitumg rumus gain standar diperoleh nilai sebesar 0,63 baik yang didapat pada uji coba terbatas maupun pada uji coba lapangan sehingga peningkatan hasl belajar siswa berada pada posisi sedang (berdasarkan tabel gain standar). Kata Kunci : Media Puzzle, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerARSYAD, ABD GANI195812311967031055
ReviewerSINTAYANA, MUHARDINI0810018901
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:48
Last Modified: 09 Sep 2020 01:48
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item