ADELLYA, ADELLYA (2020) ANALISIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PELAYANAN KESEHATAN PSIKOSOSIAL DI RUMAH SAKIT JIWA MUTIARA SUKMA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (NTB). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
Cover-Daftar Pustaka ADELLYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu proses Mencangkup kegitaan perencanaan, pengorganisasian, pengerakan dan pengawasan diselenggarakan secara teratur dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain. Manajemen SDM Merupakan serangkaian proses yang melibatkan keseluruhan tenaga pada suatu instasi atau program dari mulai proses perencanaaan meliputi perekrutan, proses seleksi, sampai pada perencanaan sumber daya penunjang SDMlainnya, Tujuan dalam penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui sejauh mana Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan kesehatan Psikososial Rumah Sakit Jiwa “Mutiara Sukma” Nusa tenggara Barat (NTB) Tahun 2019. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Pengaruh Pelayanan Kesehatan Psikososial Rumah Sakit Jiwa “Mutiara Sukma” Nusa tenggara Barat (NTB) Tahun 2019. Penelian Ini dilakukan ini dilakukan pada Rumah Sakit Jiwa “Mutiara Sukma “ Nusa Tenggara Barat (NTB). Data yang digunakan dalam penelitian Ini mencangkup Data Primer dan Data Skunder, dengan menggunakan Metode Kualitatif adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakn tehnik Wawancara, Observasi, dan studi kepustakaan. Penelitian menggunakan beberapa proses dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma memiliki tiga rencana capaian kerja diantaranya(1) Meningkatan kepuasan terhadap pelayanan dibidang psikososial. Artinya RSJ Mutiara Sukma merancang agar pelayanan dibidang psikososial ini bisa memiliki presentase yang lebih meningkat disetiap tahunnya, karena pelayanan adalah salah satu haal yang sangat penting diperhatikan dalam pelayanan pasien.(2) Mewujudkan layanan unggulan Rehabilitasi Psikososial. Yang dimaksud dengan hal demikian adalah layanan yang lebih merujuk pada tindakan medik. Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma merancang untuk memberikan layanan yang unggul setiap tahunnya dengan tujuan agar pasien yang direhabilitasi bisa keluar dengan kondisi yang membaik bahkan normal kembali.(3) Mewujudkan kemitraan yang berkualitas dibidang kesehatan jiwa, yang dimaksud dengan hal demikian adalah pihak rumah sakit memperbanyak kemitraan di bidang kesehatan jiwa agar memudahkan rumah sakit menyelesaikan masalah ketika terjadi hambatan kerja di RSJ Mutiara sukma.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 14 May 2025 03:13 | |||||||||
Last Modified: | 14 May 2025 03:13 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |