ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS PADA UKM SNACK LIANTY JAYA)

ADAM, SUWANDI (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS PADA UKM SNACK LIANTY JAYA). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover - daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK_ADAM SUWANDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan UKM Lianty Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif (eksploratif). penelitian ini mencakup membuat pertanyaan penelitian dan prosedur yang masih bersifat sementara, mengumpulkan data pada seting partisipan, analisis data secara induktif, membangun data yang parsial ke dalam tema, dan selanjutnya memberikan interpretasi terhadap makna data. Metode deskriptif eksploratif merupakan penelitian yang secara luas digali untuk pemecahan masalah tentang sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu berdasarkan kejadian di lapangan. Penelitian ini dilakukan di Lianty Jaya yang terletak di Desa Kekeri, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. UMKM ini bergerak di bidang kuliner yaitu produksi cemilan (snack). Bauran pemasaran (marketing mix) dalam upaya meningkatkan penjualan produknya yaitu produk cemilan yang bervariasi, harga yang diterapkan yaitu memberikan harga yang berbeda kepada pelanggannya sesuai jumlah pembelian yang dilakukan. Lokasi produksi yang dipilih merupakan bangunan tempat tinggal pemilik, untuk meminimalisir biaya sewa dan lain-lain. Strategi distribusi Lianty Jaya cukup sederhana, yaitu dengan menerima permintaan (pesanan) dari pengepul (tengkulak) lalu proses produksi dilakukan sesuai permintaan setelah permintaan terpenuhi pengiriman dilakukan menggunakan kendaraan truk lalu dipasarkan oleh tengkulak tersebut. Strategi Promosi yang dilakukan Lianty Jaya yaitu hanya mengandalkan pengepul (tengkulak) untuk proses memperkenalkan produk serta memasarkannya ke konsumen lainnya. Analsisis SWOT guna mendukung upayanya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan serta meningkatkan penjualan produknya, seperti kekuatan yang dimiliki Lianty Jaya. Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, ketepatan waktu dalam pengerjaan produk, harga yang terjangkau dan berkualitas, serta produk yang banyak dan bervariasi. Kelemahan yang dimiliki Lianty Jaya antara lain : Pemasaran yang belum maksimal, bahan-bahan yang sewaktu-waktu berubah cenderung naik, dan keterbatasan distribusi. Peluang yang ditemukan Lianty Jaya. Adanya kebutuhan konsumen yang berubah dan pemasaran hingga keluar kota. Ancaman yang ditemukan Lianty Jaya antara yaitu banyaknya pesaing dalam bidang serupa dan daya beli masyarakat sekitar cukup rendah. Berdasarkan matriks SWOT, ada beberapa strategi alternatif yang dapat dilakukan oleh Lianty Jaya antara lain, strategi SO yaitu dengan melakukan penetrasi pasar dengan cara memperluas pasar. Strategi WO yaitu Memaksimalkan proses pemasaran. Strategi ST yaitu Melakukan kerjasama dengan wirausahawan lain. Strategi WT yaitu Memaksimalkan proses pendistribusian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSELVA, SELVAnidn0811118601
Thesis advisorNURUL, HIDAYATI INDRA NINGSIHnidn0806039101
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, Usaha Kecil Menengah (UKM), makanan ringan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Adam Suwandi
Date Deposited: 07 May 2025 02:33
Last Modified: 07 May 2025 02:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11488

Actions (login required)

View Item View Item