EVALUASI DAMPAK MEDIA SOSIAL, E-COMMERCE, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN UMKM

SURMINI, SURMINI (2025) EVALUASI DAMPAK MEDIA SOSIAL, E-COMMERCE, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN UMKM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan meta-analisis yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh e-commerce, media sosial, dan digital marketing terhadap pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Data yang digunakan berasal dari 62 artikel jurnal yang terindeks. Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial memiliki dampak signifikan dengan kontribusi sebesar 59%, diikuti oleh e-commerce dengan 53%, dan digital marketing sebesar 27% terhadap pendapatan UMKM. Temuan ini menggarisbawahi peran penting media sosial dalam mendukung pertumbuhan UMKM, memfasilitasi koneksi dengan pelanggan, dan meningkatkan visibilitas bisnis. E-commerce juga terbukti memberikan kontribusi yang substansial, menciptakan peluang penjualan dan memperluas pasar bagi UMKM. Meskipun digital marketing memiliki dampak yang lebih rendah, namun tetap menjadi faktor penting dalam meningkatkan awareness dan mengoptimalkan strategi pemasaran online UMKM. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku bisnis, pemerintah, dan akademisi untuk memahami bagaimana pemanfaatan e-commerce, media sosial, dan digital marketing dapat meningkatkan pendapatan UMKM. Implikasi praktis dan arah penelitian mendatang juga dibahas guna mendukung pengembangan lebih lanjut dalam konteks digitalisasi UMKM.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAHADIAH, AGUSTINAnidn0823089201
Thesis advisorNOVI, YANTI SANDRA DEWInidn0828118303
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, E-commerce, Media sosial, UMKM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
200 Agama > 2X0 Islam Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Surmini Surmini
Date Deposited: 05 May 2025 03:36
Last Modified: 05 May 2025 03:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item