ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

ALIF, IRFAN TAMIMI (2025) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA____.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK_ARIF IRFAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan gadget tidak hanya di kalangan orang dewasa saja, melainkan pada para remaja hingga anak-anak. Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk imlementasi konsep Kurikulum Merdeka yang diterapkan untuk mendukung mutu pendidikan di Indonesia terkait dalam penanaman karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap karakter profil pelajar pancasila, dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget terhadap karakter profil pelajar pancasila, dan upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalkan dampak negatif penggunaan gadget terhadap karakter profil pelajar pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini di lakukan di SDN 1 Serange dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru kelas 5 dan 3 siswa kelas 5 Hasil penelitian ini yaitu Penggunakan gadget untuk mengakses aplikasi yang mendukung pembelajaran agama, seperti aplikasi doa harian atau Al-Qur'an digital. Hal ini membantu mereka memahami nilai-nilai agama secara lebih menarik. Adapun dampak positif penggunaan gadget sebagai berikut: Peserta didik mengakses informasi keagamaan, Peserta didik mengakses informasi tentang adat dan budaya Sumbawa, Peserta didik lebih mudah dalam mengerjakan tugas kelompok. Upaya yang dapat meminimalkan dampak negatif dari penggunaan gaget terhadap karakter profil pelajar pancasila yaitu: Sekolah dapat mengadakan seminar atau workshop, Mengajarkan siswa tentang etika digital, dan orang tua bisa bekerja sama untuk menetapkan batasan waktu penggunaan gadget di luar jam belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824048301
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Gadget, Karakter, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Alif Irfan Tamimi
Date Deposited: 06 Mar 2025 05:54
Last Modified: 06 Mar 2025 05:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item View Item