PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ATM (AMATI, TIRU, MODIFIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN

TITI, RAHAYU (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ATM (AMATI, TIRU, MODIFIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk diharapkan pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN 27 Ampenan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuasi eksperimen atau True Eksperimental. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan statistic deskriptif dan analisis interpersial. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, maka pengaruh penggunaan metode ATM (Amati, Tiru dan Modivikasi) terhadap keterampilan menulis Puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan bantuan software SPSS 25 for windows untuk menghitung Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05 dan nilai sig. 0,007< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari penggunaan metode ATM (Amati, Tiru dan Modivikasi ) terhadap keterampilan menulis puisi siswa pada pemebeljaran Bahasa indoensia kelas IV Sekolah Dasar atau dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata dari hasil kerampilan siswa antara penggunaan metode ATM (Amati, Tiru dan Modiviasi) dengan pembelajaran tanpa menggunakan metode ATM dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURMIWATI, NURMIWATInidn08170986101
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Amati, Tiru, Modivikasi, Keterampilan Menulis Puisi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Titi Rahayu
Date Deposited: 22 May 2025 06:58
Last Modified: 22 May 2025 06:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11379

Actions (login required)

View Item View Item