ADINDA, RAMADHANI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL MATERI PANCA INDERA PADA MANUSIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Minat belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Panca Indera pada Manusia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen. Sampel terdiri dari 50 siswa: 27 siswa kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas IV-B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, Angket, dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test pada SPSS 27 for windows menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test (p = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penggunaan media wordwall berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Media Pembelajaran, Wordwall | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Adinda Ramadhani | |||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 09:06 | |||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 09:06 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |