EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL MATERI PANCA INDERA PADA MANUSIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 AMPENAN

ADINDA, RAMADHANI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL MATERI PANCA INDERA PADA MANUSIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Panca Indera pada Manusia Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen. Sampel terdiri dari 50 siswa: 27 siswa kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas IV-B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, Angket, dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test pada SPSS 27 for windows menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test (p = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penggunaan media wordwall berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Media Pembelajaran, Wordwall
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Adinda Ramadhani
Date Deposited: 25 Feb 2025 09:06
Last Modified: 25 Feb 2025 09:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11302

Actions (login required)

View Item View Item