STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE TAKRIR PADA KHOLAQOH ABU BAKAR DI MI NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM TAHUN 2020

DISKA, YULIANSARI (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN METODE TAKRIR PADA KHOLAQOH ABU BAKAR DI MI NW BADRUSSALAM SEKARBELA MATARAM TAHUN 2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
cover-bab iii.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (360kB)

Abstract

Diska Yuliansari, nim 716120001 “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Takrir Pada Kholaqoh Abu Bakar Di Mi Nw Badrussalam Sekarbela Mataram Tahun 2020”. Di era modern saat ini masih banyak sekali orang-orang yang belum bisa menghafal dan membaca Al-Qur’an. Di ketahui bahwa Al-qur’an merupakan wahyu, dan kita dituntut bukan hanya untuk mengimaninya saja akan tetapi juga untuk memahai segala isi bacaan yang terkandung di dalamnya. Mengingat pentingnya hal tersebut sudah seharusnya Al-Qur’an ini dipelajari mulai dari usia kecil khususnya anak-anak sekolah dasar/madrasah. MI NW Badrussalam Sekarbela Mataram merupakan salah satu madrasah yang sudah menerapkan program menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode takrir sebagai salah satu strategi dalam meningkatkat minat dan motivasi para siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan diterapkannya program menghafal Al-Qur’an menggunakan metode takrir, tidak hanya memberikan pemahaman dan pengetahuan para siswa dalam menghafal Al-Qur’an saja, akan tetapi juga memberikan dampak positif terhadap proses belajarnya juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Takrir Pada Kholaqoh Abu Bakar di MI NW Badrussalam Sekarbela Mataram”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Oleh karena itu peneliti akan mendeskripsikan segala bentuk temuan data yang diperoleh di lapangan penelitian. Adapun data yang didapatkan merupakan data deskriftif yang berupa informasi atau keterangan–keterangan yang terkait dengan judul yang sedang diangkat dan bukan dalam bentuk angka. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang bersifat induktif, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta untuk pengecekan tingkat kepercayaan atau keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Adapun hal–hal yang menjadi kesulitan yang dialami oleh para guru pembimbing tahfidz dalam membimbing para siswa ketika menghafal Al-Qur’an adalah masih banyak siswa yang sering keliru dalam mengucapkan kalimat atau makhrijul huruf. Ada salah satu strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi hal tersebut, yakni dengan menggunakan metode pengulangan bacaan (takrir). Hasil penelitian ini menunjukkan strategi guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode takrir dianggap sangat memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Kata kunci : Strategi,Menghafal, Al-Qur’an,Takrir

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMARDIYAH, HAYATINIDN0802096701
ReviewerAQODIAH, AQODIAHNIDN0815027401
Uncontrolled Keywords: Strategi,Menghafal, Al-Qur’an,Takrir
Subjects: 200 Agama > 2X0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:30
Last Modified: 04 Sep 2020 03:30
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item