EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA SDN 35 AMPENAN

DALYA, UTAMI PUTRI (2025) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA SDN 35 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pendekatan Stem terhadap kemampuan problem solving siswa kelas V SDN 35 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini di laksanakan di SDN 35 Ampenan. jumlah populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VSDN 35 Ampenan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 42 siswa dengan jumlah sampel kelas eksperimen 22 siswa dan sampel kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat di ketahui bahwa hasil uji t yang di lakukan nilai p= 0.001 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05 dengan 21df . Dengan demikian (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ad perbedaan rata-rata antara kedua kelompok di tolak. Dan hipotesis (Ha) di terima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikansi secara statistik anatara kedua kelompok.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Uncontrolled Keywords: Metode pendekatan STEM, kemampuan Problem solving siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dalya Utami Putri
Date Deposited: 21 Feb 2025 03:20
Last Modified: 21 Feb 2025 03:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11014

Actions (login required)

View Item View Item