PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKTIVITAS PASAR PAGESANGAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN GAJAH MADA

GALUH, HADI (2025) PENGARUH HAMBATAN SAMPING AKTIVITAS PASAR PAGESANGAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN GAJAH MADA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan merupakan salah satu infrastuktur yang mempunyai peranan penting dalam menunjang berkembangnya sektor perdagangan. Jalan juga tidak lepas dari permasalahan kemacetan yang disebabkan oleh hambatan samping. Pada ruas jalan Gajah Mada, pagesangan, kecamatan mataram terdapat satu pasar yang menyebabkan hambatan samping. Hambatan samping tersebut dapat mempengaruhi kinerja jalan, termasuk menyebabkan penurunan kecepatan kendaraan yang melintasi ruas jalan tersebut. Penelitian dilakuan di ruas jalan Gajah Mada sepanjang jalan depan pasar pagesangan, Data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan d ata sekunder. Data primer meliputi geometri jalan, volume lalu lintas, hambatan samping dan data sekunder meliputi jumlah penduduk dan peta lokasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada ruas jalan Gajah Mada Selama 2 hari yaitu hari minggu dan senin diproleh hasil volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari minggu di ruas barat pukul 08.45 – 09.45 sebesar 1008 smp/jam, kapasitas jalan Gajah Mada sebesar 2534 SMP/jam, derajat kejenuhan pada ruas barat tertinggi pada hari minggu pukul 08.45 – 09.45 sebesar 0,40, dan didapatkan nilai kecepatan tempuh tertinggi pada pukul 06.30 – 07.30 sebesar 46,7 Km/jam di kedua ruas jalan dan kecepatan terendah pada pukul 08.45 – 09.45 sebesar 45 Km/jam pada ruas barat dihari Minggu dan hambatan samping tertinggi terjadi pada hari minggu pukul 07.30 – 08.30 sebesar 1008 smp/jam dengan kategori hambatan samping sangat tinggi (ST), tingkat pelayanan ruas jalan (level of service) terendah akibat aktivitas pasar pagesangan untuk ruas barat dan timur terjadi pada hari minggu berada pada level B yaitu arus stabil, tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorNURUL, HIDAYATInidn0815049401
Uncontrolled Keywords: Volume Lalu Lintas, Pengaruh Hambatan Samping, PKJI 2023
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Galuh Hadi
Date Deposited: 21 Feb 2025 01:43
Last Modified: 21 Feb 2025 01:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item