ANALISIS PENGINTEGRASIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SENI DAN MULOK PADA KELAS IV SDN 35 AMPENAN

AYU, LESTARI (2025) ANALISIS PENGINTEGRASIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SENI DAN MULOK PADA KELAS IV SDN 35 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan pada tanggal 8 Januari 2025 dengan ibu Nurlaillah, menyatakan bahwa dalam mengintegrasi profil pelajar pancasila yaitu dengan mengajarkan sifat-sifat kedisiplinan kepada seluruh siswa kelas IV, seperti kegiatan pembelajaran di kelas, melakukan upacara bendera yang rutin dilakukan setiap hari senin, Pembacaan yasinan dan hafalan ayat-ayat pendek bersama yang dilakukan setiap hari jumat, dan belajar menari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan, menggambarkan, atau melukiskan secara sistematis, faktual dan akurat. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data mengandung makna, yaitu data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Oleh karena itu, hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Pelaksanaan, pada tahap pelaksanaan guru melakukan pelaksanaan pengibtegrasian profil pelajar pancasila pada pembelajaran Seni dan mulok. Di dalam proses pelaksanaan pada pembelajaran ini guru melakukan pembelajaran dengan teknik pembelajaran berbasis proyek. Yang nantinya dapat diharapkan siswa mampu mengerjakannya dengan cara bersama-sama,yang nantinya dapat menumbuhkan rasa gotong royong dengan sesama. Selain melakukan pengintegrasian profil pelajar pancasila guru juga dapat memberikan proyek dengan menggunakan materi seni dan mulok yang dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengintegrasian Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran Seni dan Mulok
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:29
Last Modified: 20 Feb 2025 06:29
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10933

Actions (login required)

View Item View Item