NIZRIN, MUTIANDISA (2025) IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN DIGITAL DALAM PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) SECARA ONLINE DI SATUAN PENYELENGGARAN ADMINISTRASI SIM (SATLANTAS) POLRES KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Transformasi teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pelayanan publik. Berdasarkan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, dan pada Peraturan Daerah Nusa Tenggara Barat Nomor 3 Tahun 2018 tentang pelayanan pemerintah berbasis elektronik. Dalam konteks ini, Polda Nusa Tenggara Barat, khususnya Satlantas Polres Kota Mataram, telah mengadopsi inovasi dengan menerapkan layanan perpanjangan SIM secara online. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui proses implementasi inovasi pelayanan digital dalam perpanjangan SIM secara online di Satlantas Polres Kota Mataram dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam implementasi inovasi pelayanan digital dalam perpanjangan SIM secara online di Satlantas Polres Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan tahapan pelaksanaan inovasi perpanjangan SIM secara online mulai dari sosialisasi Satlantas Polres Kota Mataram kepada masyarakat, pendaftaran, pengisian dokumen persyaratan, hingga SIM tersebut selesai di cetak. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala seperi, kurang maksimalnya sosialisasi secara offline kepada masyarakat, kurangnya program pelatihan berkelanjutan bagi petugas, terdapat kesenjangan digital yang membuat masyarakat memilih prosedur manual dan kualitas jaringan internet yang tidak stabil juga permasalahan dalam pembacaan file dokumen persyaratan oleh sistem yang mempengaruhi efektivitas dan efisiensi layanan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Perpanjangan SIM secara online, Satlantas Polres Kota Mataram | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 Manajemen 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nizrin Mutiandisa | |||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:18 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |