IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN DIGITAL DALAM PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) SECARA ONLINE DI SATUAN PENYELENGGARAN ADMINISTRASI SIM (SATLANTAS) POLRES KOTA MATARAM

NIZRIN, MUTIANDISA (2025) IMPLEMENTASI INOVASI PELAYANAN DIGITAL DALAM PERPANJANGAN SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM) SECARA ONLINE DI SATUAN PENYELENGGARAN ADMINISTRASI SIM (SATLANTAS) POLRES KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pelayanan publik. Berdasarkan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, dan pada Peraturan Daerah Nusa Tenggara Barat Nomor 3 Tahun 2018 tentang pelayanan pemerintah berbasis elektronik. Dalam konteks ini, Polda Nusa Tenggara Barat, khususnya Satlantas Polres Kota Mataram, telah mengadopsi inovasi dengan menerapkan layanan perpanjangan SIM secara online. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui proses implementasi inovasi pelayanan digital dalam perpanjangan SIM secara online di Satlantas Polres Kota Mataram dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam implementasi inovasi pelayanan digital dalam perpanjangan SIM secara online di Satlantas Polres Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan tahapan pelaksanaan inovasi perpanjangan SIM secara online mulai dari sosialisasi Satlantas Polres Kota Mataram kepada masyarakat, pendaftaran, pengisian dokumen persyaratan, hingga SIM tersebut selesai di cetak. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala seperi, kurang maksimalnya sosialisasi secara offline kepada masyarakat, kurangnya program pelatihan berkelanjutan bagi petugas, terdapat kesenjangan digital yang membuat masyarakat memilih prosedur manual dan kualitas jaringan internet yang tidak stabil juga permasalahan dalam pembacaan file dokumen persyaratan oleh sistem yang mempengaruhi efektivitas dan efisiensi layanan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorROSSI, MAUNOFA WIDAYATnidn0825118501
Thesis advisorHIDAYATULLAH, HIDAYATULLAHnidn0809038902
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Perpanjangan SIM secara online, Satlantas Polres Kota Mataram
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 Manajemen
300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nizrin Mutiandisa
Date Deposited: 20 Feb 2025 03:18
Last Modified: 20 Feb 2025 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10903

Actions (login required)

View Item View Item