PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

DWI, IRWANSYAH (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB 123.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya Alfamart sehingga penulis tertarik untuk mengetahui tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart di Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Namun, setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam menilai pelayanan yang mereka rasakan atas kepuasan konsumen yang mereka dapatkan. Tingkat kepuasan konsumen sangat tergantung pada mutu (kualitas) suatu produk, baik itu berupa barang maupun jasa yang mereka konsumsi. Salah satunya pada Alfamart Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Jenis penelitian ini adalah field research, adapun sifat penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Alfamart Kecamatan Taliwang Kabupaten Lombok Barat. Jumlah populasi yang digunakan tidak terbatas. Dalam penelitian ini sampel yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen Alfamart Kapuas sesuai dengan uji F dimana Fhitung > Ftabel (12,950 > 1,91). Tangible menjadi variabel yang paling dominan memberikan pengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen Alfamart Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, sesuai dengan uji t dimana thitung (5,658 > 1,66055).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIBRAHIM, ABDULLAHnidn0830125501
Thesis advisorROHANA, ROHANAnidn0809039203
Uncontrolled Keywords: Kepuasan dan kualitas pelayanan konsumen.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 363 Lain-lain Masalah dan Pelayanan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:49
Last Modified: 22 Jun 2021 02:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item