Alfina, Damania (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK TABUNGAN WADI’AH (الوديعة) TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BPRS DINAR ASHRI KOTA MATARAM TAHUN 2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan ketentuan syariah dan menurut jenisnya terdiri dari bank umum syariah dan bank pembiayaan rakyat syariah. Salah satu bank pembiayaan rakyat syariah di Indonesia khususnya di pulau Lombok yakni PT BPRS Dinar Ashri. Memuaskan nasabah adalah hal yang paling utama bagi perusahaan yang bergerak dibidang keuangan atau perbankan. Kepuasan nasabah merupakan aspek strategis karena dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan citra perusahaan di masyarakat luas, sehingga memberikan produk yang baik akan dapat mempertahankan loyalitas dan kepuasan nasabah. Salah produk tabungan tabungan terbaik yang di miliki oleh PT BPRS Dinar Ashri adalah tabungan wadi’ah (الوديعة). Bedasarkan rumusan masalah maka tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Tabungan wadi’ah (الوديعة) Terhadap Kepuasan Nasabah PT. BPRS Dinar Ashri Kota Mataram Tahun 2025. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu : bahwa kualitas produk tabungan wadi’ah (الوديعة) mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 7,8% dan 92,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini, hasil tersebut sejalan dengan rumusan serta hipotesis yang peneliti gunakan. Sementara itu hasil daripada Uji T dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kualitas produk tabungan wadi’ah (الوديعة) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PT BPRS Dinar Ashri Kota Mataram, dibuktikan dari hasil t-hitung yang lebih besar dibandingkan t-tabel dan juga nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Penelitian ini berkesimpulan bahwa kualitas produk tabungan wadi’ah (الوديعة) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PT BPRS Dinar Ashri Kota Mataram. Hal ini juga membuktikan bahwa kualitas produk tabungan wadi’ah sudah sesuai dengan harapan serta kriteria-kriteria yang nasabah inginkan. Produk tabungan wadi’ah (الوديعة) juga sudah menjaga kualitas dan kinerja yang baik sehingga dapat memuaskan nasabah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Tabungan Wadi’ah, Kepuasan nasabah | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Alfina Damania | |||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:47 | |||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:47 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |