ANALISIS KESTABILAN LERENG DESAIN DISPOSAL AREA NORTH DENGAN METODE MORGENSTERN PRICE DI PT. ADARO INDONESIA

ARIAL, ARIAL (2025) ANALISIS KESTABILAN LERENG DESAIN DISPOSAL AREA NORTH DENGAN METODE MORGENSTERN PRICE DI PT. ADARO INDONESIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan analisis pada rencana peninggian serta perluasan kapasitas disposal, adanya perubahan geometri lereng tersebut menimbulkan kekhawatiran mengenai kestabilan lereng baru yang terbentuk. Tujuan dari penelitian ini mengetahui faktor keamanan kondisi aktual pada disposal north PT. Adaro Indonesia, mengetahui faktor keamanan pada desain disposal north PT. Adaro Indoneisa dan perbaikan kemiringan lereng yang tepat pada desain disposal north PT. Adaro Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Morgenstern-Price dengan bantuan software slide 6.0. Nilai standarisasi faktor keamanan yang digunakan 1,2, berdasarkan standar perusahaan dan KEPMEN ESDM Republik Indonesia Nomor 1827K/30/MEM 2018. Hasil analisis nilai Faktor Keamanan (FK) pada kondisi aktual disposal north PT. Adaro Indonesia, pada crossection A - A’ didapatkan nilai FK 1,888 dan crossection B - B’ didapatkan nilai FK 1,861, nilai FK yang tergolong ke dalam lereng yang stabil FK > 1,2. Hasil analisis nilai FK pada desain disposal north PT. Adaro Indonesia, pada crossection A - A’ didapatkan nilai FK 1,315, crossection B - B’ didapatkan nilai FK 1,482, crossection C - C’ didapatkan nilai FK 1,645, crossection D - D’ didapatkan nilai FK 1,655 dan crossection E - E’ didapatkan nilai FK 1,842, nilai FK yang tergolong ke dalam lereng yang stabil FK > 1,2. Pada crossection F - F’ didapatkan nilai FK 1,147, nilai faktor keamanan yang tergolong ke dalam lereng yang tidak stabil FK < 1,2. Peneliti memberikan rekomendasi perbaikan pada crossection F - F’ dengan mengubah bench width pada request level (RL) 132 menjadi 82 m, yang dimana sebelumnya bench width pada request level (RL) 132 memiliki lebar 42 m, membentuk sudut kemiringan lereng keseluruhan (overall slope) 9o dengan nilai FK 1,212 FK > 1,2.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBEDY FARA AGA MATRANI, ST.,MTnuptk6742767668130372
Thesis advisorARIF WIJAYA, S.si.,MTnuptk0155765666130253
Uncontrolled Keywords: : Lereng Disposal, Faktor Keamanan, Kestabilan Lereng.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 622 Teknik Tambang dan Teknik Pertambangan
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Pertambangan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Arial Arial
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:39
Last Modified: 19 Feb 2025 03:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item View Item