WULAN, PUSPITASARI (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN MUSI (MULTIFUNGSI) PADA MATERI KPK DAN FPB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFATAR PUSTAKA_.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CEK WULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangkan alat peraga papan musi multifungsi sebagai media pembelajaran pada materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Alat peraga papan musi ini dirancang untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep dasar matematika, terutama dalam materi KPK dan FPB yang sering dianggap sulit. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model Borg and Gall(potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba awal, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, produksi masal). Peneliti hanya melakukan penelitian sampai tahap ke tujuh yaitu revisi produk.Pengembangan alat peraga pembelajaran ini telah menghasilkan produk alat peraga pembelajaran yang telah dinyatakan sangat valid oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran.Hasil dari kevalidan dan kepraktisan persentase yang di dapat dari ahli media dengan persentase 87,20% atau dapat dikategorikan sangat valid sedangkan ahli materi dalam pemerolehan nilai persentasenya adalah 91,5% atau dapat dikategorikan sangat valid.Sedangkan berdasarkan uji kepraktisan yang diperoleh dari hasil respon siswa SDN 1 Labuapi mendapatkan nilai persentasi 90,9% dengan kriteria skor sangat praktis dan hasil respon siswa SDN 1 Labuapi mendapatkan nilai persentase 87,0% dengan kriteria skor sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa alat peraga papan musi multifungsi dapat menjadi media yang efektif dan menarik dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi KPK dan FPB, yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar guru dapat memanfaatkan papan musi sebagai alat peraga dalam pembelajaran matematika untuk mendukung penguasaan konsep yang lebih baik dan menyenangkan bagi siswa
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga papan musi, KPK, FPB, hasil belajar, pembelajaran matematika, SD | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Wulan Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2025 08:02 | |||||||||
Last Modified: | 18 Feb 2025 08:02 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |