البحث العلمي تطبيق المدخل العلمي في تعليم اللغة العربية بالمدرسة المتوسطة الرئيسية سكربيلا ماترام العام الدراسي 2020/2021 Kata kunci: Pendekatan Saintifik dan pembelajaran Bahasa Arab, Problematika Internal dan Eksternal

IFATRI, FARDA DUE (2020) البحث العلمي تطبيق المدخل العلمي في تعليم اللغة العربية بالمدرسة المتوسطة الرئيسية سكربيلا ماترام العام الدراسي 2020/2021 Kata kunci: Pendekatan Saintifik dan pembelajaran Bahasa Arab, Problematika Internal dan Eksternal. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II- BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab adalah proses interaksi antara siswa,guru, dan dan materi-materi bahasa arab dalam lingkungan pembelajaran, dimana siswa dapat mengkonstruksi sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memperdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan, sebab pendekatan saintifik di dalam pelaksanaan pembelajaran mengutamakan keaktifan dan kreativitas siswa.Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada siswa dalam mengenal berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah.Pelaksanaan pendekatan saintifik terbagi dalam 5 tahapan, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada proses pelaksanaan pembelajaran bahasa arab di kelas VII B MTs Al Raisiyah Sekarbela Mataram dan mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi setelah diterapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi. Adapun hasil penelitian guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan baik pada saat pembelajaran bahasa arab. Dimana kegiatan pembelajarannya dibagi menjadi dua tahap, yaitu perencanaan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan dengan menerapkan tahapan-tahapanpendekatan saintifik pada proses pembelajaran, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. namun masih belum sempurna, dimana masih terdapat kendala-kendala pada saat melaksanakan tahapan-tahapan saintifik pada saat proses pembelajaran khususnya pada siswa. Terdapat beberapa siswa yang belum bisa melaksanakan tahapan- tahapan pendekatan saintifik dengan baik.Kendala tersebut terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal siswa. Kata kunci: Pendekatan Saintifik dan pembelajaran Bahasa Arab, Problematika Internal dan Eksternal

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHUSNAN, HUSNANNIDN0807047002
ReviewerNURJANNAH, NURJANNAHNIDN0803128502
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik dan pembelajaran Bahasa Arab, Problematika Internal dan Eksternal
Subjects: 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:35
Last Modified: 02 Sep 2020 04:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item