RAHMA, TULIZZA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 1 DASAN BARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CEK_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah dasar. Namun, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 1 Dasan Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel terdiri dari 59 siswa: 30 siswa kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas IV-B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test pada SPSS 16 for windows menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test (p = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Contextual Learning Teaching, Berpikir Kreatif | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Rahma Tulizza | |||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:25 | |||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:25 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |