PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 1 DASAN BARU

RAHMA, TULIZZA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 1 DASAN BARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah dasar. Namun, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN 1 Dasan Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel terdiri dari 59 siswa: 30 siswa kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas IV-B sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test pada SPSS 16 for windows menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test (p = 0,000 < 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Contextual Learning Teaching, Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rahma Tulizza
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:25
Last Modified: 19 Feb 2025 03:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item View Item