PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM FUNGSI CONTROLLING DAN EVALUASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMPN I LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

SARYATI, SARYATI (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM FUNGSI CONTROLLING DAN EVALUASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMPN I LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
COVER - BAB III SARYATI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV SARYATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN SARYATI.pdf

Download (473kB)

Abstract

Saryati, 2020.Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Fungsi Controlling dan Evaluasi Terhadap Kinerja Guru di SMPN I Lembar Kabupaten Lombok Barat. Skripsi. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram. Pembimbing I : Dr. Sri Rejeki, M.Pd Pembimbing II : Abdul Sakban, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Manajer pada hakekatnya suatu proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, memimpin dan mengendalikan usaha para anggota organisasi serta mendayagunakan seluruh sumber-sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah SMPN I Lembar telah melaksanakan perannya sebagai manajer yakni dalam fungsi controlling dan evaluasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer dalam fungsi controlling dan Evaluasi terhadap kinerja Guru di SMPN I Lembar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMPN I Lembar kabupaten Lombok Barat. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan Guru kelas SMPN I Lembar. yang menjadi objek dalam penelitian ini peran kepala sekolah sebagai manajer dalam fungsi controlling dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan kembali atau direduksi data kemudian ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa peran kepala sekolah di SMPN I Lembar telah melaksanakan peranya sebagai manajer dalam fungsi controlling dan Evaluasi terhadap kinerja Guru dengan baik adapun peran kepala sekolah dalam fungsi controlling yaitu melakukan pengawasan terhadap kinerja guru dengan cara meningkatkan kedisiplinan guru. Sedangkan dalam fungsi evaluasi yaitu kepala sekolah rutin melakukan evaluasi, baik evaluasi jangka pendek maupun evalusi jangka panjang. Adapun faktor pendukung kepala sekolah dalam melakukan controlling dan evaluasi yaitu kepribadian kepala sekolah yang baik, adanya hubungan yang harmonis antara atasan dan bawahan. Adapun faktor penghambatnya kepala sekolah terlalu sibuk sehinnga terhambat kepada proses melakukan controlling dan evaluasi. Kata kunci : Peran Kepala Sekolah, Fungsi controlling, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSri, RejekiNIP196612101993032002
ReviewerAbdul, SakbanNIDN0824048404
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Fungsi controlling, Kinerja Guru.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:22
Last Modified: 02 Sep 2020 04:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item