ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MERANCANG MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DI SDN 27 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

OKTIANI, PERTIWI (2025) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MERANCANG MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DI SDN 27 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “analisis kesiapan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di SDN 27 Mataram”, hal ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum pada tahun ajaran 2021 semua sekolah pada jenjang dasar dan menengah harus mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, menuntut para guru untuk memiliki pemahaman yang mendalam serta kemampuan dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan prinsip kebebasan belajar dan kebutuhan peserta didik. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memaparkan tentang kesiapan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di SDN 27 Mataram, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di SDN 27 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 1, guru kelas 2, guru kelas 4 dan guru kelas 5. Hasil penelitian ini yaitu Kurikulum merdeka diterapkan secara bertahap. Guru dilatih dan dibina saat mengikuti pelatihan dalam kegiatan KKG di gugus dan aktif mengikuti webinar-webinar, serta belajar otodidak melalui platfom digital seperti PMM guna mendapatkan ilmu dan meningkatkan kualitas diri, sehingga guru dapat merancang perangkat ajar kurikulum Merdeka. Faktor pendukung dalam merancang modul ajar yang pertama yaitu kesiapan guru dalam memahami dan mengimplementasikan kurikulum Merdeka, ketersediaan fasilitas dan sumber daya, serta kolaborasi antar guru. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar, yaitu ketersediaan fasilitas masih kurang, guru kesulitan menyesuaikan modul ajar dengan karakter dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Uncontrolled Keywords: Kesiapan guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Oktiani Pertiwi
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:58
Last Modified: 18 Feb 2025 03:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item