AINAYAL, AL FATIHA (2025) PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMAHAMI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 JAGARAGA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMALIRITY CEK_NAYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi digital berbasis Canva dalam meningkatkan keterampilan membaca memahami siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Jagaraga. Penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di Sekolah Dasar. Diharapkan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik dengan penggunaan teknologi digital seperti Canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen kuasi. Penelitian dilakukan pada dua kelompok yang berbeda, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen medapatkan perlakuan berupa teknologi digital berbasis Canva dalam pembelajaran, sedangkan kelas kontrol mengikuti pembelajaran regular menggunakan media poster. Penelitian ini menggunakan design penelitian eksperiment semu, khususnya desain kelompok kontrol non-equivalent. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Jagaraga Jln. Dusun Geres Pande, Desa, Jagaraga, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilaksankan pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025.Berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknologi digital berbasis Canva terhadap peningkatan penguasaan kosakata pada muatan Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Hasil Penguasaan membaca memahami pada pelajaran bahasa indonesia pada kelas eksperimen pada tes awal (Pre-test), pada pertemuan pertama diperoleh nilai tertinggi untuk kelas eksperimen adalah 70 dan nilai terendah adalah 20, sedangkan pada pertemuan pertama kelas kontrol nilai tertinggi adalah 50 dan nilai terendah adalah 20, demikian pula untuk nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan teknologi digital berbasis Canva sebesar 79,50 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 61,25. Nilai sig Pre-test pada kelas Eksperimen 0,031 > 0,05, Maka data berdistribusi normal jadi variabel Pre-test Kelas Eksperimen berdistribusi Normal, dan Nilai Sig Post – Test pada kelas kontrol 0,011 > 0,05 Maka data berdistribusi Normal. Nilai sig Pre-test pada kelas eksperimen 0,031 > 0,05, Maka data berdistribusi normal jadi variabel Pre-test Kelas kontrol berdistribusi Normal, dan Sig Post-Test 0,011 > 0,05 jadi, data berdistribusi normal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Eknologi Digital Keterampilan Membaca Memahami | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ainayal Al Fatiha | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:59 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:59 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |