ANALISA KINERJA RUAS JALAN ISMAIL MARZUKI AKIBAT ADANYA PENGARUH HAMBATAN SAMPING OLEH AKTIVITAS PASAR KARANG LELEDE DENGAN METODE PKJI 2023

FEBRIAN, EKASAPTA HARYADI (2025) ANALISA KINERJA RUAS JALAN ISMAIL MARZUKI AKIBAT ADANYA PENGARUH HAMBATAN SAMPING OLEH AKTIVITAS PASAR KARANG LELEDE DENGAN METODE PKJI 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2023 menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah penduduk Kota Mataram tercatat sebanyak 441.147 jiwa, seiring bergantinya tahun jumlah penduduk Kota Mataram terus mengalami peningkatan hingga saat ini berdasarkan laporan terbaru data BPS tahun 2024 berjumlah 445.010 jiwa. Jumlah transportasi yang juga ikut mengalami peningkatan dengan signifikan setiap tahunnya membawa dampak buruk terhadap arus lalu lintas, seperti kemacetan yang biasa terjadi pada ruas-ruas jalan yang memiliki aktivitas tinggi. Salah satunya ruas jalan Ismail Marzuki, yang menghadapi masalah kemacetan yang disebabkan oleh aktivitas Pasar Karang Lelede, dimana bahu dan badan jalan digunakan sebagai tempat berjualan dan area parkir. Terdapat 2 data utama yang diperlukan yaitu data primer yang meliputi geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping dan data sekunder yang meliputi data jumlah penduduk. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui volume lalu lintas, kinerja ruas jalan, dan tingkat pelayanan dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada ruas jalan Ismail Marzuki selama. 3 hari yaitu kamis, minggu, dan senin diperoleh hasil volume lalu lintas tertingi 2 arah terjadi pada hari Kamis, pukul 16.45 - 17.45 WITA sebesar 873 smp/jam. Hambatan samping tertinggi terjadi pada hari Kamis pukul 07.00 - ‎08.00 WITA sebesar 824 bobot kejadian/jam yang masuk dalam kelas hambatan samping T (Tinggi) dan tentunya berpengaruh terhadap kinerja ruas Jalan Ismail Marzuki. Dimana kapasitas (C) yang didapatkan sebesar 1833 smp/jam dengan DJ tertinggi diperoleh sebesar 0,48 artinya kondisi arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas. Adapun tingkat pelayanan ruas jalan Ismail Marzuki berada di LOS C.‎

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorAHMAD, ZARKASInidn‎0819068903‎
Uncontrolled Keywords: Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, PKJI 2023.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Febrian Ekasapta Haryadi
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:44
Last Modified: 11 Feb 2025 06:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item