SILFIAH, MIULAN DARI (2020) IMPLEMENTASI PERPRES NO.87 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI BENTUK PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 KOTA MATARAM. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].
Text
COVER - BAB III SILFI PPKN.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 4.docx Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI BAB 5 LMPIRAN.docx Download (8MB) |
Abstract
Berdasarkan Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang merupakanbentuk penerapan nilai pancasila yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama yang tidak hanya dilakukan di sekolah leguler tetapi termasuk untuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggambarkan bagaimana implementasi pengautan pendidikan karakter di SLB Negeri 1 Mataram. Metode pelitian adalah kualitatif melalui pendekatan diskriptif dengan menentukan informan secara purposive sampling, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, implementasi Perpres No. 87 Tahun 2017 di SLB Negeri 1 Mataram yaitu sekolah melaksanakannya program penguatan pendidikan karakter yang terintekrasi dengan program kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan akademik, keterampilan, pengembangan diri, ekstrakulikuler, dan program budaya serta karakter bangsa. Kedua, hambatan yang dialami dalam implementasi yaitu (1) kuranya keikutsertaan orang tua dalam mendukung pengutan pendidikan karakter disekolah, (2) kurang adanyakemaksimalan dalam inovasi atau pengembangan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Ketiga, solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala Implementasi Perpres No.87 Tahun 2017 ialah (1) mengadakan kerjasama dengan wali murid dan instansi masyarakat untuk penerapan program pembelajaran, (2) sekolah selalu mengevaluasi dan berusaha mengembangkan proses pembelajaran di sekolah. Kata kunci :Perpres, Penguatan Pendidikan karakter, Nilai-nilai Pancasila
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perpres, Penguatan Pendidikan karakter, Nilai-nilai Pancasila | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:44 | |||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:44 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1058 |
Actions (login required)
View Item |