BIMA, SETIAWAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, dapat dilakukan perbaikan yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pendekatan SETS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science Environment Technology And Society) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 14 Mataram. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Designe. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 14 Mataram yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan non test dan tes untuk. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran SETS (Science Environment Technology And Society) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SDN 14 Mataram”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan peneliti berdasarkan dar hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu pada kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai thitung 8,821 dengan taraf signifikan 5%, yang menyebabkan H_0 ditolak.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Science Environment Technology And Society dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Bima Setiawan | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:03 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:03 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10543 |
Actions (login required)
View Item |