PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN AKHLAK SISWA KELAS V SD NEGERI 27 WOJA KABUPATEN DOMPU TAHUN AJARAN2019/2020

SOPAN, SOPIAN (2020) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN AKHLAK SISWA KELAS V SD NEGERI 27 WOJA KABUPATEN DOMPU TAHUN AJARAN2019/2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
Bab IV_Sopan Sopian_NIM 71512A0016_PGMI.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Bab IV_Sopan Sopian_NIM 71512A0016_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V-Lampiran_Sopan Sopian_NIM 71512A0016_PGMI.pdf

Download (901kB)

Abstract

Skrikpsi ini membahas peran guru kelas dalam meningkatkan kedisiplinan dan akhlak siswa kelas V SDN 27 Woja Kabupaten Dompu penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karakter kedisiplinan, dikarenakan dari melihat penyimpangan-penyimpangannya yang jauh dari karakter mulia.Karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: ‘Bagaimana Peran Guruh Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Akhlak Siwa Kelas V SDN 27 Woja Kabupaten tahun pelajaran 2019/2020?’’Permasalah tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan SDN 27 Wojah Kabupaten Dompu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu data yang diperoleh seperti hasil pengamatan hasil wawancara, catatan lapangan, dan tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara,obsevasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data dan penyimpangan data. Penelitian ini menunjukan bahwa peranan Guru kelas dalam meningkatkan kedisiplinan dan akhlak siswa kelas V SDN 27 Wojah kabupaten Dompu yaitu guru sebagai pendidik,pengajar,pembimbing,pelatih, dan Avaluator. Sedangkan uapaya guru dengan menggunakan metode pembiasaan,keteladanan,diskusi,ceramah,dan simulasi hasil dari penelitian ini ditunjukan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik kearah yang lebih baik dengan mencerminkan kebiasaan mematuhi peraturan-peraturan yang ada di sekolah. Kata kunci: Meningkatkan kedisiplinan dan akhlak

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerABDUL, WAHAB0812086701
ReviewerAQODIAH, AQ1ODIAH0815027401
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan kedisiplinan dan akhlak
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 29 Aug 2020 04:35
Last Modified: 29 Aug 2020 04:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item