PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 GIRI TEMBESI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

MAULIDA, WULAN SARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 2 GIRI TEMBESI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_MAULIDA WULAN SARI_NIM 2020A1H113_PGSD.pdf

Download (982kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_MAULIDA WULAN SARI_NIM 2020A1H113_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
MAULIDA WULAN SARI (2).doc (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran IPA di kelas V. Reciprocal teaching merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam diskusi yang dipandu oleh guru, dengan fokus pada keterampilan pemahaman membaca, seperti merangkum, bertanya, mengklarifikasi, dan memprediksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema di kelas V SDN 2 Giri Tembesi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental (kuantitatif). Suatu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki dan mengklarifikasi suatu fenomena atau fakta sosial dengan menjelaskan beberapa variabel yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Ini digunakan untuk menyelidiki populasi atau sampel tertentu.Dalam penelitian ini lokasi akan dilakukan di SDN 2 Giri Tembesi pada siswa kelas V akan dilakukan pada semester 1 tahun pembelajaran 2024. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian, model pembelajaran reciprocal teaching memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas 5 SDN 2 Giri Tembesi. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 22.00 for windows dengan metode uji Independent Sample T-Test mengandung nilai thitung untuk kelas eksperimen eksperimen (-11.048), thitung kelas kontrol (-11.048), ttabel (2.021) dan nilai sig 0,05 ( 0,000 0,05). Oleh karena itu diterima dan ditolak. Artinya (Ha) ada pengaruh terhadap model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif kelas 5 SDN 2 Giri Tembesi. Sedangkan (Ho) yang menyatakan bahwa model pembelajaran konvensional, ditolak untuk diterapkan di kelas V SDN 2 Giri Tembesi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Reciprocal teaching, Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Maulida Wulan Sari
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:02
Last Modified: 27 Sep 2024 02:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10498

Actions (login required)

View Item View Item