EMA, PANIDA RESTI (2024) KAJIAN BENTUK TIKUNGAN TERHADAP PERUBAN KECEPATAN KENDARAAN PADA JALAN RAYA SENGGIGI KABUPATEN LOMBOK BARAT DAN JALAN LINGKAR SELATAN KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I dan BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER sampai DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi yang vital dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006. Jalan yang berfungsi optimal memerlukan perencanaan geometrik yang baik, terutama pada tikungan tajam yang sering kali berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Tikungan tajam, seperti tipe Spiral-Spiral (SS), sering kali menyebabkan masalah karena ketidaksesuaian desain dengan standar perencanaan dan perilaku berkendara yang tidak sesuai dengan kecepatan rencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tikungan jalan pada Jalan Lingkar Kota Mataram terhadap kecepatan kendaraan serta mengevaluasi apakah kondisi tikungan tersebut memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan yang berlaku. Metode penelitian ini melibatkan survei kecepatan kendaraan pada beberapa lokasi tikungan di Jalan Raya Senggigi Kabupaten Lombok Barat dan Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram. Data kecepatan kendaraan dikumpulkan dari dua arah tikungan, yaitu dari daerah ampenan ke Jalan Raya Lingkar Selatan Kota matram dan sebaliknya, serta dari Mataram ke Sengigi dan sebaliknya. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat pencatat kecepatan dan analisis data dilakukan untuk menentukan kecepatan rata-rata serta kepatuhan terhadap standar geometrik tikungan yang ditetapkan oleh Bina Marga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di daerah Jalan raya Ampenan kota mataram ke Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, kecepatan rata-rata kendaraan adalah 13,43 km/jam, sedangkan dari Jalan Raya Lingkar Selatan ke Jalan raya Ampenan kota mataram adalah 14,21 km/jam. Pada tikungan dari Mataram ke Sengigi, kecepatan rata-rata adalah 13,09km/jam, sementara dari Sengigi ke Mataram mencapai 13,30 km/jam. Tipe tikungan di lokasi penelitian terdiri dari Spiral-Circle-Spiral (SCS) dan Spiral-Spiral (SS). Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun kecepatan kendaraan dapat menurun secara bertahap pada tikungan, beberapa tikungan tidak sepenuhnya memenuhi standar keselamatan, yang mengindikasikan perlunya perbaikan desain geometrik untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tikungan Jalan, kecepatan kendaraan | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ema Panida Resti | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:18 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:18 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10491 |
Actions (login required)
View Item |