ANALISIS PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA PLAMPANG KECAMATAN PLAMPANG

DINI, MARTILA (2024) ANALISIS PERTUMBUHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA PLAMPANG KECAMATAN PLAMPANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Dini Martila (2019B1C028) (3).pdf

Download (897kB)
[img] Text
Dini Martila (Cover-Daftar Pustaka) (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (simialrity check)
Dini Martila 2.docx (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu negara terutama dalam hal meningkatkan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya. Untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi tersebut maka diperlukan adanya suatu upaya yang disebut dengan kegiatan ekonomi. Usaha yang dapat dilakukan dalam memenuhi kebutuhan hidup yaitu dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu daerah yang memanfaatkan kegiatan UMKM sebagai penggerak perekonomiannya yaitu Desa Plampang, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Plampang serta untuk menganalisis bagaimana pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Kecamatan Plampang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan makna dan proses atas suatu aktivitas. Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdapat di Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa mengalami pertumbuhan yang cukup baik ditandai dari jumlah UMKM yang ada berjumlah 513 unit dengan tenaga kerja 699 orang, dan hal ini disebabkan adanya dorongan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten yang senantiasa mengadakan event dan memfasilitator para pemilik UMKM di Kecamatan Plampang. Bertumbuhnya UMKM di Kecamatan Plampang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonominya, hal ini dibuktikan dari meningkatnya pendapatan per kapita dan pengeluaran per kapita masyarakat di Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa serta menurunnya tingkat pengangguran yang ada disana. Maka dari itu betapa pentingnya UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdurrahman, Abdurrahmannidn0804116101
Thesis advisorWIRASTOMO, HANDOYONOnidn0813048802
Uncontrolled Keywords: UMKM, Plampang, Ekonomi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dini Martila
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:06
Last Modified: 26 Sep 2024 08:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item