PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATIKA BUDAYA MBOJO PERMAINAN MPA’A GOPA (ENGKLEK) PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RUNGGU

RAHMANI, RAHMANI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATIKA BUDAYA MBOJO PERMAINAN MPA’A GOPA (ENGKLEK) PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RUNGGU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan modul ajar ini merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri maupun dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran matematika materi pecahan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis etnomatematika agar meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yaitu (define, design develop, disseminate). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket respon siswa dan lembar soal hasil belajar siswa Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, yang pertama subjek uji terbatas dilakukan pada siswa kelas IV SDN Runggu yang berjumlah 11 orang, dan yang kedua subjek uji lapangan dilakukan pada siswa kelas IV SDN Runggu yang berjumlah 13 orang. Hasil dari pelitian ini menunjukan bahwa pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika budaya mbojo permainan mpa’a gopa (engklek) materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Runggu. Rata-rata dari hasil penilaian dari 3 validator ahli materi 85,935% dan 2 validator ahli media 86,11% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 75,82% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil uji coba lapangan 89,75% dikategorikan sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Etnomatematika, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rahmani Rahmani
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:50
Last Modified: 08 Oct 2024 07:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item