HAERUL, WALAD (2024) TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LOMBOK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
cover, abstrak, bab i dan bab v.pdf Download (4MB) |
|
Text
cover - daftar pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara merupakan lembaga pemerintah yang memeberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pelayanan kependudukan, pada tahun 2013 pelayanan yang diberikan oleh Dinas dukcapil masih kurang masimal dan kurang transparan khususnya dalam pelayanan pembuatan E-KTP. Sebagai lembaga negara yang bertugas memberikan pelayanan yang maksimal serta transparan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara harus mengupayakan agar dimana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal seta terbuka. Tujuan penelitian untuk melihat sejauh tranparansi pelayanan khususnya dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melihat gambaran yang sebenarnya yang terjadi di lokasi penelitian, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh peneliti dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelayanan dalam pembuatan E-KTP oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Utara bisa dibilang sudah transparan, karena pihak Dukcapil sangat menekankan kepada tiga aspek penting agar dimana pelayanan bisa lebih maksimal dan transparan yakni: penyediaan informasi yang jelas, kemudahan akses informasi, dan adanya publikasi terkait alur pelayanan, dalam hal ini Dukcapil Kabupaten Lombok utara memanfaatkan media sosial seperti intagram dan facebook untuk mempublikasiskan terkait alur pelayanan yang diberikan. Faktor pendorong dan faktor penghambat transparansi pelayanan dalam pembuatan E-KTP faktor pendorong pelayanan yang transparan itu sendiri bisa melalui kepemimpinan yang kuat pemimpin yang bekomitmen dan sumber daya manusia yang kompeten. Faktor yang sampai saat ini selalu menjadi penghambat pelayanan yang transparan yakni yang pertama: Kurangnya komitmen dari pemimpin karena dengan kurangnya komitmen dari pemimpin akan menghambat pelayanan yang transparan praktik-praktik terbuka dan akuntabel.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Transparansi, Pelayanan, E-KTP | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 360 Sosial Masalah & Layanan Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Haerul Walad | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 10:32 | |||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 10:32 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10447 |
Actions (login required)
View Item |