Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Produk Pada UMKM Gula Aren (Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat)

Imam, Munandar (2024) Karakteristik Wirausaha dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Produk Pada UMKM Gula Aren (Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (similarity check)
IMAM MUNANDAR (2).docx (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
IMAM MUNANDAR (2020B1C053).pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap keberhasilan produk pada UMKM gula aren di Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Kepala Desa,Pembina UMKM Gula Aren dan 2 wirausaha UMKM gula aren. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik wirausaha yang dimiliki oleh wirausaha UMKM gula aren di Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, meliputi: (1) motif berprestasi yang tinggi, (2) sikap terhadap risiko yang berani, (3) kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan tepat, (4) keuletan dan kegigihan dalam berusaha, dan (5) kemampuan menjalin hubungan dan kerjasama dengan pihak lain. Inovasi yang dilakukan oleh wirausaha UMKM gula aren di Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, meliputi: (1) inovasi produk, yaitu dengan mengembangkan produk gula aren menjadi berbagai macam produk turunan, seperti kopi gula aren, gula briket, dan gula semut; (2) inovasi proses, yaitu dengan menggunakan teknologi yang lebih modern dan efisien dalam proses produksi gula aren; dan (3) inovasi pemasaran, yaitu dengan menggunakan berbagai macam strategi pemasaran untuk memasarkan produk gula aren ke berbagai daerah. Karakteristik wirausaha dan inovasi tersebut terbukti berpengaruh terhadap keberhasilan produk pada UMKM gula aren di Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Hal ini dapat dilihat dari indikator keberhasilan produk, yaitu: (1) peningkatan volume penjualan, (2) peningkatan harga jual produk, (3) peningkatan keuntungan usaha, (4) perluasan pangsa pasar, dan (5) peningkatan kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRamayanto, Ramayantonidn0809096702
Thesis advisorMala, Vinuzianidn0806088702
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Wirausaha, Inovasi, Keberhasilan Produk, UMKM Gula Aren.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Imam Munandar
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:24
Last Modified: 25 Sep 2024 07:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item