ANALISIS iNILAI GUNA ANYAMAN BAMBU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA TAMAN SARI KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2024) ANALISIS iNILAI GUNA ANYAMAN BAMBU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA TAMAN SARI KECAMATAN GUNUNG SARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
RAHMAWATI(2020B1C129).pdf

Download (723kB)
[img] Text (similarity check)
RAHMAWATI.doc (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Nilai Guna Anyaman Bambu Dalam Meningktakan Pendapatan Masyarakat Di Desa Taman Sari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskripktif yang dilakukan di Desa Taman Sari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data berupa: reduction data (reduksi data), display data (penyajian data) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Adapun hasil dan pembahasan antara lain: 1). Nilai guna anyaman bambu tidak hanya dapat digunakan sebagai kursi bambu atau meja bambu saja, namun nilai guna bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai dinding rumah dan perlengkapan rumah tangga lainnya. 2). Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam proses menganyam bambu, seperti tingginya partisipasi pengrajin anyaman bambu dan dukungan pemerintah desa. Kendala tersebut antara lain kurangnya bahan baku dan kesulitan produksi yang disebabkan oleh faktor cuaca. Keterbatasan dana yang dibutuhkan untuk mengeringkan bahan baku bambu pada musim hujan menyebabkan pengrajin hanya menjual sedikit hasil kerajinan tangan dan persaingan yang ketat sehingga mengakibatkan pendapatan para penenun bambu tidak mencukupi. 3). Semakin tinggi permintaan konsumen semakin tinggi pula tingkat produksi yang di produksi oleh pengrajin, sehingga tingkat pemasukan semakin tinggi, sehingga para pengrajin terhindar dari krisis ekonomi serta mampu membiayai kehidpan sehari-hari dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBaiq, Reinelda Tri Yunarninidn0807058301
Thesis advisorNurul, Hidayati Indra Ningsihnidn0806039101
Uncontrolled Keywords: Nilai Guna, Anyaman Bambu, Pendapatan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rahmawati Rahmawati
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:31
Last Modified: 25 Sep 2024 02:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item