KAJIAN PENEMPATAN U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN PRAYA.

KARIADI, TOHIR (2020) KAJIAN PENEMPATAN U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN PRAYA. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha untuk meminimalisir permasalahan Lalu Lintas, khususnya terhadap keamanan dan kenyamanan pada ruas jalan dapat dilakukan dengan pembuatan median. Median sebagai bagian dari geometrik jalan adalah suatu pemisahan fisik jalur lalu lintas yang berfungsi untuk menghilangkan konflik lalu lintas dari arah yang berlawanan, sehingga pada gilirannya akan meningkatkan keselamatan lalu lintas. Rumusan masalahnya adalah Berapa besar volume lalu lintas yang akan terjadi pada ruas jalan tersebut dengan fasilitas putar balik arah, menganalisa waktu tempuh rata – rata kendaraan saat melakukan U-Turn, Bagaimana tingkat pelayanan pada ruas jalan Jendral Sudirman Praya.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui berapa besar volume lalu lintas pada ruas jalan jendral sudirman tersebut, untuk mengetahui kecepatan rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn dan mengetahui bagaimana tingkat pelayanan jalan di ruas jalan jendral sudirman praya. Metode yang digunakan dalam menganalisa data yang telah dikumpulkan pada peneltian tersebut adalah Dengan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997, untuk menghitung kapasitas dan kinerja ruas Jalan jendral sudirman tersebut. Dari hasil penelitian menggunakan metode manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI) besar volume lalu lintas tertinggi yang didapatkan sebesar 1972 dan kecepatan rata-ratanya 8,92. Secara keseluruhan kinerja ruas jalan jendral sudirman adalah B ( Dalam zona arus stabil. Kecepatan dibatasi oleh lalu).Jadi penempatan u-turn pada saat ini masih epektif. Kata kunci : U-Turn, Kecepatan,Tingkat Pelayanan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISFANARI, ISFANARI0830086701
ReviewerTITIK, WAHYUNINGSIH0819097401
Uncontrolled Keywords: U-TURN,KECEPATAN,TINGKAT PELAYANAN
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Iskandar Iskandar
Date Deposited: 29 Aug 2020 02:02
Last Modified: 29 Aug 2020 02:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item