IMPLEMENTASI PROGRAM PERMAKANAN BAGI LANJUT USIA KELUARGA TUNGGAL DALAM KONDISI MISKIN DI DINAS SOSIAL KABUPATEN LOMBOK BARAT

IRA, DEWI HARYANI (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PERMAKANAN BAGI LANJUT USIA KELUARGA TUNGGAL DALAM KONDISI MISKIN DI DINAS SOSIAL KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
IRA DEWI HARYANI (2021B1B087R).pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI (8).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program pemberian Permakanan bagi Lanjut Usia adalah salah satu program pemerintah melalui Kementrian Sosial RI untuk kesejahteraan sosial lanjut usia khususnya lanjut usia keluarga tunggal yang berada dalam kondisi miskin. Implementasi program permakanan ini adalah di tingkat Provinsi sampai Kabupaten yang disalurkan melalui Dinas Sosial di masing-masing Kabupaten tidak terkecuali Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program pemberian permakanan lanjut usia terlantar yang berada dalam kondisi miskin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari, kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat beserta staf, pendamping sosial, ketua kelompok masyarakat (Pokmas), lanjut usia penerima manfaat program, serta pihak pendistribusi makanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini terlaksanan dengan baik, tepat sasaran dan di nilai dapat memberikan perlindungan serta pemeliharaan kesejahteraan bagi lanjut usia. Kesimpulan implementasi program permakanan lanjut usia berjalan sesuai dengan petunjuk teknis program dengan merujuk pada teori komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi, dengan biaya pendistribusian makanan yang sangat minim yakni Rp2.000,- (dua ribu rupiah) untuk dua kali makan per hari/orang dalam satu kali pengantaran. Menjadi tidak efektif apabila disamakan antara pokmas yang jangkauan cukup dekat jika dibandingkan dengan pokmas yang jaraknya lumayan jauh dari lokasi masing-masing pokmas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Alinidn0806066801
Thesis advisorm., Aprian Jailaninidn0804049501
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Permakanan, Lanjut Usia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Sosial Masalah & Layanan Sosial
300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ira Dewi Haryani
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:17
Last Modified: 24 Sep 2024 02:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item