PENERAPAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 MI AN-NAJAH SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT

RAHMAT, WAHYU AJI (2024) PENERAPAN MEDIA ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA KELAS 5 MI AN-NAJAH SESELA GUNUNG SARI LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB) | Request a copy

Abstract

Selama beberapa tahun terakhir teknologi digital yakni artificial intelligence (AI) sangat di butuhkan dalam dunia pendidikan. AI atau disebut kecerdasan buatan pada masa sekarang sedang menjadi tren dalam dunia pendidikan. AI adalah penggunaan teknologi yang memiliki kemampuan untuk belajar dari data, membuat keputusan, dan beradaptasi dengan situasi baru dalam konteks pendidikan. Ini termasuk berbagai teknologi yang dapat membantu dalam proses belajar-mengajar, seperti sistem adaptif, tutor cerdas, dan analisis data pendidikan. Untuk itu guru harus memiliki kemampuan dalam menguasai metode pembelajaran berbasis Artificial Intelligence serta dapat mempertimbangkan taraf perkembangan dan kemampuan belajar siswa pada tahap operasional. Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti tentang penerepan media artificial intelligence dalam mendukung pembelajaran IPA kelas V MI An-najah Sesele Gunung Sari Lombok Barat. Penelitian ini di latar belakangi dengan pemahaman siswa lebih meningkat terhadap pembelajaran media artificial intelligence. Tujuan penelitian: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media Artificial Inteligence dalam mendukung pembelajaran dan untuk mengetahui dampak penerapan Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran IPA di MI An-Najah Sesela Gunung Sari Lombok Barat. Metodologi: Menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Dimana metode deskriptif merupakan suatu metode menafsirkan atau menjelaskan realitas, informasi, dan objek kajian secara sistematis dan alamiah. Data penelitian di peroleh menggunakan tringanggulasi, observasi, wawancara, dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil: Penerapan media artipicial intelegence. Merangsang pengembangan keterampilan berfikir kritis dan kreatif. Dampak penerapan media Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran, memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran, menarik perhatian siswa ketika didalam kelas, siswa juga merasa senang dan mudah paham serta antusias dalam memfokuskan pandangannya ke papan tulis dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAQODIAH, AQODIAHnidn0815027401
Thesis advisorBAIQ, IDA ASTINInidn0803088001
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media AI, Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rahmat Wahyu Aji
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:16
Last Modified: 24 Sep 2024 08:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10364

Actions (login required)

View Item View Item