PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN RUANG

FENI, JULIANI (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN RUANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER ABSTRAK BAB 1 & BAB 5.pdf

Download (733kB)
[img] Text
02 COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity Check)
FENI JULIANI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang yang Valid , Praktis dan Efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D ( Research & Development ) dan menggunakan model pengembangan 4D yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Depelovment, (4) Dessminate. Penelitian Pengembangan ini tidak sampai pada tahap Dessminate, karna dilakukan hanya pada satu sekolah saja. Penelitian Pengembangan ini dilaksanakan di kelas V SDN 28 Mataram sebagai uji kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa kevalidan produk perangkat pembelajaran seperti : (1) RPP, diperoleh skor rata-rata dari 4 validator yaitu 89,5% (sangat valid), (2) LKPD, diperoleh skor rata-rata dari 4 Validator yaitu 90,62% (sangat valid), (3) Rubrik Penilaian, diperoleh skor rata-rata dari 4 Validator yaitu 88,12% (sangat valid), (4) Soal tes, diperoleh skor rata-rata dari 4 Validator yaitu 92,5% (sangat valid), (5) Media, diperoleh skor rata-rata dari 4 Validator yaitu 92,27% (sangat valid). Angket respon siswa uji lapangan menunjukkan Kepraktisan Perangkat Pembelajaran seperti : (1) LKPD, diperoleh skor rata-rata 95,47% (sangat praktis), (2) Soal Tes, diperoleh skor rata-rata 90,3% (sangat praktis). Dan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh data yaitu 95,31% pada kategori sangat baik. Kefektifan Perangkat Pembelajaran dilihat dari kemampuan Berpikir Kritis siswa yang diukur menggunakan instrumen soal tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan kepada siswa , dan diperoleh skor rata-rata 89,04% (sangat kritis). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Thesis advisorYuni, Mariyatinidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran , Problem Based Learning , Bangun Ruang.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Feni Juliana
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:47
Last Modified: 24 Sep 2024 06:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item