NUR, FAHRIYENI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UIN MATARAM DI UPT. PERPUSTAKAAN UIN MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_NUR FAHRIYENI_NIM 2021B0A002_SAINS INFORMASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_NUR FAHRIYENI_NIM 2021B0A002_SAINS INFORMASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
NENI FIKS (1) (1) (1).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) | Request a copy |
Abstract
Pada dasarnya perpustakaan tidak sama dengan tempat penyimpanan buku yang tujuan utamanya adalah menghimpun, melestarikan dan menyediakan buku. Tujuan perpustakaan pada dasarnya adalah untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh guru, pendidikan siswa, pekerjaan dan masyarakat. Agar pelaksanaan perpustakaan tidak hanya sekedar mengumpulkan dan menyimpan bahan pustaka, perpustakaan diharapkan dapat membantu mereka memperoleh pengetahuan dan informasi dengan lebih mudah. (Rita Komalasari, 2015). Dalam lingkungan Perguruan Tinggi, perpustakaan di anggap sebagai jantungnya Universitas, hal ini dikarenakan perpustakaan perguruan tinggi berperan sebagai penunjang dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, maka dari itu pemerintah melalaui UU No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Bagian Ke Empat Pasal 24, mangatur :Setiap Perguruan Tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar Nasional Perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan, baik dalam jumalah judul, jumlah eksemplar yang mencakupi untuk mendukung pelaksanaan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, sehubungan dengan hal itu setiap Perguruan Tinggi mengalokasikan dana untuk pembangunan perpustakaan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan guna memenuhi standar nasional pendidikan dan juga standar nasional perpustakaan. Fokus pada penelitian ini mencakup dua hal, yaitu Bagaimana strategi yang digunakan di UPT perpustakaan UIN Mataram sebagai sumber belajar Mahasiswa UIN Mataram tahun 2024 serta bagaimana strategi yang digunakan dalam meningkatkan Minat kunjung di pemustakaan di UPT UIN Mataram tahun 2024. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dalam penelitian ini mencakup tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi pengembangan yang digunakan oleh UPT. Perpustakaan UIN Mataram adalah sebagai berikut, a. Kerjasama, b. Anggaran, c. Sumber Daya Manusia (SDM), d. Pengembangan Sistem Layanan, system layanan terbuka (open access), system layanan tertutup (close access), dan system layanan campuran (mixed access), dan e. Pengembangan Koleksi Digital. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Sistem layanan yang digunakan oleh UPT. Perpustakaan UIN Mataram adalah sistem pelayanan terbuka, dimana pemustaka atau pengguna bebas mengambil koleksi yang di inginkan. Sistem layanan sirkulasi di Upt. Perpustakaan UIN Mataram yaitu menggunakan layanan otomasi berbasis web dengan software Senayan Library Management Systems (SLiMs) versi 7 Matoa, namun sejak pindah ke gedung baru pada tahun 2020, sistem otomasi perpustakaan di-upgrade ke SliMs versi 8.3.1 Akasia. Adapun sistem layanan yang dimaksud adalah sebagai berikut, a. Layanan baca ditempat, b. Layanan Sirkulasi, c. Layanan Referensi dan Tandon, d. Layanan Penelusuran, e. Layanan Literasi Informasi, f. Layanan peminjaman sarana untuk berkegiatan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perpustakaan pada Perguruan Tinggi Era Digital. | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nur Fahriyeni | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:52 | |||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:52 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10322 |
Actions (login required)
View Item |