STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA MADA OI TAMPURO DI DESA PIONG KECAMATAN SANGGAR KABUPATEN BIMA

M., IDHAR (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA MADA OI TAMPURO DI DESA PIONG KECAMATAN SANGGAR KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_M. IDHAR_NIM 2020A1D002.pdf

Download (502kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_M. IDHAR_NIM 2020A1D002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
M. Idhar 3.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB) | Request a copy

Abstract

Strategi pengembangan objek wisata merupakan usaha terencana untuk meningkatkan kualitas dan manfaat suatu produk atau hasil. Penelitian ini fokus pada strategi pengembangan Objek Wisata Mada Oi Tampuro, yang terletak di tepi pantai pada ketinggian 150 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan serta hawa dingin khas, dengan pemandangan gugusan pulau dan Kabupaten Bima yang mempesona. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi kendala dalam peningkatan kunjungan wisatawan di Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, serta upaya pemerintah desa dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan potensi Objek Wisata Mada Oi Tampuro untuk menyumbang PAD yang signifikan. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan objek wisata. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi penting: 1) Meningkatkan promosi melalui media cetak dan elektronik serta pameran wisata; 2) Inovasi dan pengembangan berkelanjutan untuk bersaing dengan objek wisata lain; 3) Pembangunan bertahap yang mempertimbangkan keunggulan saing dan kebijakan pengembangan; 4) Peningkatan sarana, prasarana, dan fasilitas penunjang; 5) Memanfaatkan potensi yang ada untuk menarik pengunjung. Dengan pendekatan ini, diharapkan Objek Wisata Mada Oi Tampuro dapat berkembang menjadi potensi andalan baru di sektor pariwisata Kabupaten Bima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAFRIL, SYAFRILnidn0813037501
Thesis advisorIBRAHIM, IBRAHIMnidn0810067902
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan Objek Wisata
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M Idhar
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:02
Last Modified: 08 Oct 2024 08:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item