ANALISIS KESTABILAN LERENG DENGAN KINEMATIC METHOD DAN LIMIT EQUILIBRIUM METHOD (LEM) PADA PIT NORTH MAINRIDGE PT. J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW SITE BAKAN SULAWESI UTARA

MUSTAKIM, MUSTAKIM (2024) ANALISIS KESTABILAN LERENG DENGAN KINEMATIC METHOD DAN LIMIT EQUILIBRIUM METHOD (LEM) PADA PIT NORTH MAINRIDGE PT. J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW SITE BAKAN SULAWESI UTARA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB VI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) merupakan perusahaan penambangan mineral logam emas yang berlokasi di Site Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara. Dari pengamatan di lapangan, terdapat sisipan-sisipan material lemah dan terdapatnya rekahan-rekahan pada lereng tambang terbuka pit North Mainridge PT. J Resources Bolaang Mongondow yang nantinya bisa menyebabkan terjadinya longsoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kelas massa batuan Rock Mass Rating, mengetahui potensi longsoran dan menentukan faktor keamanan dari lereng pit Nort Mainridge PT. JRBM. Di dapatkan Informasi mengenai keadaan batuan di lokasi penelitian dikategorikan sebagai batuan sedang untuk Argilik Lanjutan dengan bobot 41-60 termasuk batuan kelas III, dan batuan buruk untuk Argilik dengan bobot 21-40 termasuk batuan kelas IV mengikuti perhitungan Rating Massa Batuan. Dengan menggunakan perangkat lunak dips, potensi tanah longsor dilihat dan tanah longsor baji ditemukan sebagai skenario yang paling mungkin terjadi. Dengan menggunakan perangkat lunak slide V 6.0, analisis faktor keamanan dilakukan pada lereng keseluruhan dan lereng idividu. Lereng keseluruhan diperoleh nilai faktor keamanan sebesar 1.27 dalam kondisi static dan 1.09 dalam kondisi dynamic. Lereng individu diperoleh FK sebesar 1.1 kondisi static dan 1.0 dalam kondisi dynamic. Dilakukan Analisa FK untuk rekomendasi pada lereng individu untuk perbaikan lereng lebih aman sehingga diperoleh FK sebesar 1.2 untuk yang menunjukan lereng dalam keadaan aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAMSUL, HIDAYATnidn0815118302
Thesis advisorAJI, SYAILENDRA UBAIDILLAHnidn0806027101
Uncontrolled Keywords: Tambang Terbuka, Rock Mass Rating, Kestabilan Lereng, Longsor.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 629 Lain-lain Cabang Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Pertambangan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mustakim Mustakim
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:04
Last Modified: 25 Sep 2024 08:04
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item View Item