SUHARNI, SUHARNI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REELS INSTAGRAM SEBAGAI SARANA JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (5MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh penggunaan media reels instagram terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh siswa pada kelas V SD Negeri 7 Cakranegara dengan jumlah 54 orang siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa yang diambil dengan tekhnik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen non test dengan jenis penelitian quasi eksperiment menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan hal tersebut dapat di lihat dari perolehan nilai rata-rata sebesar 77,93 pada kelas eksperimen dan sebesar 66,33 pada kelas kontrol. Berdasarkan perolehan nilai signifikasi pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penerapan media reels instagram pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia di kelas VA SD Negeri 7 Cakranegara.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | reels instagram, joyful learning, motivasi belajar. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Suharni Suharni | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:05 | |||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:05 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10302 |
Actions (login required)
View Item |