ANALISIS POLA PERJALANAN DAN PREFERENSI TRANSPORTASI MASYARAKAT DI KOTA PANCOR

SALMAN, HAPIZI (2024) ANALISIS POLA PERJALANAN DAN PREFERENSI TRANSPORTASI MASYARAKAT DI KOTA PANCOR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
FILE SIMILARITY .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I, BAB V..pdf

Download (717kB)

Abstract

Transportasi telah menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Lingkup transportasi mencakup berbagai tingkat, mulai dari desa, kota, hingga negara. Permintaan transportasi terus meningkat seiring dengan beragamnya aktivitas manusia. Masalah transportasi yang muncul sering kali mencerminkan kompleksitas hubungan antar aspek-aspek tersebut, yang mencakup sosial, budaya, ekonomi, kependudukan, pola aktivitas, sarana dan prasarana transportasi, lingkungan, kepemilikan kendaraan, dan angkutan umum. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan karakteristik preferensi transportasi dan pola perjalanan masyarakat di Kota Pancor. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi transportasi dengan regresi linear berganda menggunakan software SPSS 29.0. Kemudian hasil persamaan regresi linear akan dimasukan kedalam model logit biner untuk mengetahui probabilitas pemilihan moda transportasi masyarakat. Penelitian menunjukkan persamaan fungsi utilitas yang didapat dari analisis regresi linear yaitu Y = - 0,997 – 0,010 X1 + 0,056 X2 – 0,010 X3 + 0,047 X4 + 0.086 X5 + 0,286 X6 + 0,067 X7 – 0,011 X8 + 0.001 X9 – 0,007 X10 + 0,029 X11 – 0,017 X12 + 0,049 X13 - 0,028 X14. Dari hasil tersebut diketahui terdapat empat variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi transportasi yaitu tujuan perjalanan (X4), penggunaan mobil pribadi (X5), penggunaan motor pribadi (X6) dan penggunaan angkutan umum (X7). Kemudian nilai koefisien dari keempat variabel tersebut dimasukkan ke dalam model logit biner untuk mengetahui probabilitas dari alternative pemilihan moda. Maka didapatkan hasil bahwa probabilitas masyarakat menggunakan angkutan pribadi sebesar 62%, sedangkan probabilitas masyarakat menggunakan angkutan umum sebesar 38%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorADIMAN, FARIYADINnidn0809038801
Uncontrolled Keywords: SPSS, Angkutan Pribadi, Angkutan Umum.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Salman Hapizi
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:15
Last Modified: 24 Sep 2024 06:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item