STRATEGI PEMASARAN UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING DI KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR

SINTA, NOBIRA v (2024) STRATEGI PEMASARAN UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING DI KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SINTA NOBIRA STEFANI (2020B1C091).pdf

Download (868kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini berdampak pada masyarakat dalam menunjang berbagai kegiatan usaha, baik skala besar maupun kecil, sehingga dapat dirasakan secara keseluruhan. Dampak yang paling nyata yaitu dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan suatu perusahaan. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai beralih dari pemasaran tradisional atau konvensional ke arah strategi pemasaran modern, khususnya pemasaran digital. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dimana peneliti langsung kelapangan untuk melakukan wawancara ke sumber informan dan mengkaji keadaan dan fenomena yang terjadi di tempat penelitian. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini dilakukan dengan pemilik UMKM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM di Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa Besar yaitu marketing mix bauran pemasaran 4P, yaitu strategi produk dengan memberikan kualitas produk terbaik pada konsumen, strategi harga dengan memberikan harga yang terjangkau, strategi distribusi dengan melakukan penjualan langsung, strategi promosi dilakukan melalui promosi mulut ke mulut. Selain itu 3 UMKM tersebut sudah memanfaatkan pemasaran berbasis digital marketing yang dilakukan yaitu Informasi produk, layanan yang transparan, kemudahan Update informasi produk, dan Analisis Komperatif. Dari hasil pemanfaatan digital marketing tersebut berdampak bagi pendapatan 3 UMKM, sebelum dan sesudah menggunakan menggunakan digital marketing. jika dihitung hasil persentase nya menghasilkan UMKM Nicky Shi-v fashion 59%, Serabi Sumbawa 71% dan Bakul Arzam 82%, hasil yang didapatkan bahwa dengan menerapkan strategi digital marketing dapat meningkatkan volume penjualan dan memperluas jangkauan pemasaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRamayanto, Ramayantonidn0809096702
Thesis advisorMos, Indrawatinidn0820107701
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM, Digital Marketing
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sinta Nobira Stefani
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:08
Last Modified: 27 Sep 2024 07:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item