IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK GENERASI MUDA PADA PEMILIHAN GUBERNUR TAHUN 2018 (Studi Kasus Badan Kesatuan Bangsa Politik Kota Mataram)

VAJRIN, ANDIRA PUTRI (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK GENERASI MUDA PADA PEMILIHAN GUBERNUR TAHUN 2018 (Studi Kasus Badan Kesatuan Bangsa Politik Kota Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaa program Pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi politik generasi muda di Kota Mataram dan (2) Mengidentifikasikan apa saja persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan program Pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi politik generasi muda di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan Teknik analisis kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik keisimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) mekanisme program pendidikan politik di Kota Mataram telah dilaksanakan, Badan Kesatuan Bangsa Politik Kota Mataram memanfaatkan media social seperti Instagram, Facebook dan media social lainnya sebagai wadah sosialisasi pendidikan politik pada generasi muda. Badan Kesatuan Bangsa Politik mengunjungi beberapa sekolah menengah atas yang berada di Kota Mataram untuk melakukan diskusi politik dan sosialisasi pemilih pemula. 2) Kendala dalam melaksanakan program Pendidikan Politik meliputi (a) Program Pendidikan politik yang dijalankan oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik belum berjalan dengan maksimal. (b) Kurangnya tindak lanjut yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik setelah melakukan sosialisasi Pendidikan politik pada generasi muda Kota Mataram

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISKANDAR, ISKANDARnim0802048904
Thesis advisorINKA, NUSAMUDA PRATAMAnidn0824109204
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Politik, Generasi Muda
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Vajrin Andira Putri
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:59
Last Modified: 25 Sep 2024 07:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item